Info Terbaru 2022

Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi
Contoh Paragraf Persuasi

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan persuasi ?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertmuan sebelumnya telah kita bahas Contoh Karangan Persuasi. Materi pada kali ini akan membahas mengenai pola paragraf persuasi singkat, pengertian, persuasi wacana pendidikan, kesehatan, sampah dan lingkungan beserta struktrunya, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.


Pengertian Paragraf Persuasi


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh paragraf persuasi

Paragraf persuasi merupakan sebuah paragraf yang isinya berupa kata-kata ajakan, himbauan, bujukan, atau rayuan kepada pembaca supaya nantinya pembaca mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis. Karena isinya yang berupa kata-kata permintaan serta himbauan, maka Anda membutuhkan beberapa fakta dan bukti yang akurat dan kuat supaya pembaca terpengaruh dengan permintaan Anda dan kemudian melaksanakan apa yang Anda inginkan.


Ciri-ciri Paragraf Persuasi



  1. Pada kandungan yang ada di Konten goresan pena paragraf persuasi ini merupakan suatu kalimat permintaan terhadap pembaca biar mengikuti sesuatu yang menjadi kehendak penulis.

  2. Penulisannya disertai dengan pemaparan berupa data-data, argumen dan fakta yang kuat mengenai sesuatu, hal tersebut dilakukan guna meyakinkan pembaca biar mau mengikuti apa yang diinginkan penulis.

  3. Karena tujuannya mengajak , jadi di dalamnya ada kata permintaan ibarat ‘ayo’, ‘marilah’, ‘laksanakanlah’ dan lain sebagainya.

  4. Bahasa yang dipakai dalam paragraf persuasi tidak bersifat kontroversial, sehingga nantinya antara pembaca dan penulis tidak terdapat pertentangan. Jika kontradiksi antara pembaca dan penulis sanggup dihilangkan, maka pembaca pun akan tertarik dan dengan gampang mengikuti dan melaksanakan sesuatu sesuai yang penulis inginkan.

  5. Pada Paragraf ini sanggup menghipnotis kepercayaan terhadap pembaca.


Contoh Paragraf Persuasif


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh paragraf persuasi

Berikut misalnya :


Contoh Paragraf Persuasi Advertensi


Untuk anda yang merantau yang ingin kuliah atau bekerja tentunya banuyak dari sebagian kalian membutuhkan indekos. Namun, indeksos itu sendiri masih sulit untuk ditemukan, apalagi kalau Anda berada di kota-kota besar. Terkadang hal tersebut menjadi sebuah hambatan bagi para perantau yang ingin menetap usang di suatu kota, baik itu dengan alasan untuk bekerja maupun untuk kuliah.


Namun ketika ini anda tidak perlu galau lagi lantaran ketika ini indekos sudah sanggup gampang didapat terutama di kota besar dengan melalui sebuah aplikasi berbasih Android yang berjulukan indeko.id. Nah, aplikasi tersebutlah yang sanggup membantu Anda untuk menemukan indeksos yang nyaman dan tentunya murah di kota yang hendak Anda tuju.


Tentunya Dengan aplikasi ini semua sudah teratasi dan  perlu susah payah lagi untuk men-survey kota tersebut, sehingga sanggup lebih menghemat waktu Anda. Selain itu, Anda juga sanggup melaksanakan negoisasi pribadi dengan pemilik indekos apabila Anda sudah merasa cocok dan berkeinginan untuk menetap di indekos yang Anda inginkan. Bukan hanya itu saja akan tetapi pembayaran bulanan pun sanggup dilakukan dengan cara mengakses aplikasi ini.


Contoh Paragraf Persuasi Politik


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi


Pemilihan umum tinggal menghitung hari. Pergunakanlah hak pilih kita dengan sebaik nya guna menetukan masa depan bangsa kita untuk menentukan presiden yang terbaik untuk Negara Indonesia kita. Jangan hingga angkat dari hak pilih anda golput. Perlu kita ingat bahwa masa depan Negara kita selama 5 tahun ke depannya bergantung oleh pilihan kita, yaitu pada tanggal 2 Juni 2018. Ayo kita ramaikan  dengan tiba ke TPU terdekat dan gunakan hak pilih kita. Ingat, jadilah pemilik yang bijak.


Contoh Paragraf Persuasi Kesehatan


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh

Dani sangat bersemangat sekali dalam berolahraga. Karena begitu semangat , Olahraga tersebut dilakukannya setiap hari , dimulai dari olahraga ringan ibarat jogging, hingga olahraga ekstrim ibarat terjung lenting (bungee jumping). Namu pada suatu hari dani terkena penyaakit yang dimana beliau harus menghentikan semua acara olahraganya lantaran beliau mencicipi sakit yang teramat parah di serpihan sendi dan ototnya, hingga beliau kesulitan untuk bergerak ke sana kemari. Kemudian ibunya dani menelfon dokter biar tiba ke rumahnya. Hasil dari investigasi tersebut ternyata rasa sakit dani disebabkan oleh  ia terlalu sering berolahraga. Dokter pun hasilnya memperlihatkan obat khusus kepada Dani dan meminta supaya Dani tidak terlalu sering olahraga. Adapun bila kau ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melaksanakan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan, olahraga rutin juga bisa menciptakan kesehatan badan lebih terjaga dengan baik. Pada ketika itu juga dani mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Dani hanya melaksanakan olahraga jogging setiap dua ahad sekali.


Contoh Paragraf Persuasif Tentang Iklan


Benda yang sering kita gunakan ketika mandi yakni sabun yang mempunyai kegunaan untuk membersihkan badan dari segala jenis kotoran yang menempel selama melaksanakan kegiatan setiap harinya. Namau apakah anda semua tahu bahwa kandungan yang ada pada sabun mandi mempunyai dampak negatif terhadap lingkungan. yakni mempunyai kandungan beberapa zat kimia yang berbahaya yang sanggup mencemari lingkungan kita. Apabila pada zat tersebut terkena air atau tanah maka tanah dan air tersebut bisa terkena pencemaran lingkungan


oleh lantaran kini telah hadir produk terbaru yakni Sear Soap yang merupakan salah satu brand sabun terbaru yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tidak memakai zat kimia yang berbahaya. kandungan sabun tersebut yakni diantaranya minyak zaitun, tanah liat, air, minyak kelapa nonsawit, serta mentega. Tentunya Bahan tersebut sangat berkualitas lantaran tidak mengandung zat kimia apapun sehingga aman dipakai baik untuk badan anda maupun untuk lingkungan anda.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Pendidikan


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh

Belajar tidak selamanya di sekolah. Mind-set masyarakat wacana berguru di sekolah sudah begitu menempel dan berakar sehingga kalau tidak di sekolah maka tidak disebut belajar. Konstruksi sosial ibarat itu yang seharusnya dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun. Belajar tidak melulu melibatkan guru dengan murid.


Penelitian menandakan bahwa seseorang yang berguru secara otodidak, tanpa seorang guru yang mengajarkan, akan mempunyai kemampuan dalam menguasai pelajaran lebih dalam daripada seseorang yang berguru di bawah tekanan seorang guru atau pengajar. Selain itu, seseorang yang berguru secara santai di luar ruangan sekolah, artinya mereka berguru dengan alam sembari menikmati waktu bersantai akan lebih menguatkan ingatan daripada seseorang yang hanya menyaksikan papan tulis dan mendengar klarifikasi guru.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Teknologi


Perkembangan teknologi di Indonesia ketika ini sudah semakin canggih dan sudah tidak bisa dibendung lagi bahkan ketika ini sudah mendekati menjadi duduk masalah sosial lantaran teknologi. Pada perkembangan teknologi juga banyak terdapat positif namun banyak juga dampak negatif yang bisa merusak moral anak bangsa.


Dampak besar yang kita rasakan yakni mulai berkurangnya rasa peduli terhadap sesama insan lantaran terlalu asik memakai teknologi modern yang biasa disebut ponsel genggam. Pada peningkatan generasi muda Indonesia ketika ini menjadi generasi yang krisis akan rasa peduli.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh

Selama ini tragedi sering terjadi di mana-mana. Hal tersebut dikarenakan kondisi alam kita yang mulai tidak sehat. kondisi alam yang tidak sehat tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor namun faktor yang paling kuat terhadap kondisi tersebut yaitu faktor manusia. Segala tindakan dan sikap yang tidak bersahabat Kepada lingkungan dengan membuang sampah yang tidak pada tempatnya dan aben hutan menambang kekayaan bumi tanpa adanya reboisasi menjadikan kualitas lingkungan menurun. Ayook kita sebagai makhluk yang arif Sudah sepatutnya kita menjaga kelestarian lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan Dan gemar menanam pohon.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Sampah


Marilah Buang Sampah Pada Tempatnya


 nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan Contoh Paragraf Persuasi
contoh

Sampah seolah merupakan hal yang selalu dikaitkan dengan kehidupan manusia. Segala penggunaan apapun  niscaya akan menjadi sampah dalam kesehariannya.


Terdapat tumpukan sampah dimana-mana pada setiap harinya yang terdiri dari sampah plastik, pempes bayi, sampah makanan dan lain sebagainya. Salah satu penyebab banjirnya suatu kota juga disebabkan oleh sampah.


Hal ini juga akan menggangu dalam kedidupan kita. Yang mana banyak Selokan yang tersumbat karena  disebabkan oleh sampah, nyamuk berkembang biak juga lantaran sampah plastik yang awut-awutan kemudian menggenang air. bukan hanya didarat bahkan Lautpun ikut terkontaminasi oleh sampah, Hal ini mengakibatkan rusaknya pertumbuhan binatang disekitarnya.


Ayo tanamkan rasa peduli mulai berguru mempunyai kesadaran untuk selalu menjaga kesetabilan ekosistem alam, dan marilah kita membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu kehidupan kita juga akan bersih. Dan upayakan biar selalu membersihkan sampah yang ada dilingkungan atau dirumah pribadi. Sehingga meminimalisir adanya sampah pada kehidupan kita.


Contoh Paragraf Persuasi Tentang Budaya


Negara Indonesia sudah dikenal dari semenjak dulu dan disebut dengan tanah surga, Karena indonesia mempunyai hasil bumi yang melimpah ruah. Indonesia terdaftar menjadi negara terkaya lantaran hasil yang dimilikinya tidak setara dengan negara lainnya. Di indonesia sendiri mempunyai sistem negara yang aman sehingga ekonomi nya selalu terpantau baik,


Indonesia merupakan negara yang mempunyai aneka macam jumlah suku, ras, budaya dan juga bahasa. Yang mana setiap remajanya dibuat lantaran masing-masing dari meraka mempunyai potensi yang bisa di gali. Yang pertama harus kita lakukan yaitu membangun Indonesia melalui kualitas pendidikannya. Kita harus berhasil mengubah sampaumur – remajanya menjadi insan yang berkualitas dan berakhlak mulia.


Contoh Paragraf Persuasi Bahasa Jawa


Nguri-Nguri Kebudayaan Jawi


Para mudha saiki ora nggateake kabudayaan jawi, para mudha malah dha seneng dening kabudayaan modern, kayata : Lagu pop, rock, dangdut, lan sapaunggalipun.Kabeh kabudayaan mau dekat karo madha-mudhi jaman saiki, kabudayaan jawi sing kudune dekat karo para mudha saiki malah kroso adoh amrga oratau di uri-uri.


Tuladhane kabudayaan jawi kayata : kethoprak, geguritan, macapat, campur sari, gamelan lan sapanunggalipun.Kalebet kabudayaan kang edi peni, kethoprak inggih punika kabudayaan jawi ingkang nyeriosaken kauripan jaman kerajaan sandiwara wonten ing jaman sapunika ingkang kasebat drama.


Contoh Paragraf Persuasi Singkat


Zaman kini anak kecil sangat gampang terkena penyakit. Hal ini disebabkan oleh sistem imun yang  masih kurang berjalan baik. Akhirnya semua anak terserang kuman yang dengan gampang merusak dan menciptakan daya tahan badan anak tersebut menurun dan gampang sakit.


Selain itu juga, Sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hal inilah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya sistem imun. Banyak dijumpai pedagang-pedagang kaki lima yang berjualan di area sekitar sekolahan menjual barang jualanya tanpa dilihat baik atau tidak untuk anak kecil. Yang terpenting bagi mereka yaitu untung yang besar.


Dengan begitu, kita tidak bisa menghindari atau mencari pedangan yang baik. Apalagi kalau pembelinya anak kecil, maka anak kecil akan makan tidak mengenal baik atau buruk.


Maka dari itu, mari kita tanamkan kepada belum dewasa kita, atau anak didik kita biar tidak jajan dengan makanan yang sembarangan.


Demikianlah materi pola paragraf peruasi lingkungan, kesehatan, dan pendidikan singkat kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat serta sanggup menambah ilmu pengetahuan kita semua.


Artikel Lainnya:




Advertisement

Iklan Sidebar